Thursday, April 14, 2011

MAGIAO / BEO NIAS (Gracula religiosa robusta)

1

Beo Nias / Magiao
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
G. religiosa
Nama binomial Gracula religiosa
Sumber Linnaeus, 1758
MagIao adalah merupakan burung asli yang berasal dari Pulau Nias. Burung Beo/Magiao merupakan burung kesayangan karena mampu menirukan suara manusia. Diantara jenis Beo yang ada, Beo Nias /Magiao termasuk yang paling terkenal. Karena kepandainnya itu maka banyak orang memburunya.

Ciri dan Tingkah Laku

Beo Nias/Magiao mempunyai sepasang cuping berwarna kuning yang terdapat di sisi kepala. Di bawah paruh terdapat sepasang gelambir yang juga berwarna kuning. Bola matanya berwarna coklat gelap. Paruh runcing berwarna kuning agak oranye. Hampir seluruh badannya tertutup bulu yang berwarna hitam pekat dan mengkilap, kecuali bagian sayap berbulu putih. Kaki berwarna kuning dengan jari-jari berjumlah empat. Tiga jari di antaranya menghadap ke depan, sedangkan yang lain menghadap ke belakang.

Habitat

Burung ini adalah penghuni hutan dan tinggal pada cabang pohon yang tinggi. Di alam bebas, burung Beo Nias/Magiao hidup berpasangan, kadang-kadang dalam kelompok. Habitat Beo Nias/Magiao adalah hutan-hutan rimba yang berdekatan dengan perkampungan atau tempat terbuka. Beberapa tahun silam mereka masih bisa ditemui di kawasan Pulau Nias, Pulau Babi, Pulau Tuangku, Pulau Simo dan Pulau Bangkaru.
Makanan

Makanan burung Beo Nias/Magiao adalah buah-buahan, biji dan serangga.

Perkembangbiakan

Musim bertelur antara bulan Desember sampai Mei. Jika burung ini akan bertelur, biasanya mencari pohon-pohon tua atau pohon-pohon yang sudah lapuk, yang batangnya tegak dan tinggi, dan ada juga yang di pohon enau atau aren. Bahan sarang terdiri dari ranting, serat pohon dan daun-daunan. Induk burung beo mengerami telurnya yang berjumlah 2 - 3 butir selama kurang lebih 3 minggu. Warna telur : biru muda dengan bercak-bercak wama coklat dan ungu muda. Ukuran telur rata-rata 37 - 26 mm.

Sumber http://www.ononiha.org/Beo_Nias

Sekarang ini burung Beo/Magiao sudah masuk dalam daftar fauna yang dilindungi. Pada tahun 1970 Menteri Pertanian melalui Surat Keputusannya No. 421/Kpts/Um/8/1970 telah menetapkan Burung Beo Nias sebagai salah satu satwa yang dilindungi. Dengan demikian diharapkan adanya kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk tetap mempertahankan kelestariannya di alam bebas. Disamping perlu adanya upaya penangkapannya, untuk mempertahankan kelestariannya.

Sumber www.dephut.go.id

1 comments:

Sumarni said...

Linkaja88 Adalah Situs Bermain Judi Sabung Ayam Online Menggunakan Bank BRI Yang aman dan terpercaya di Indonesia.

Menyediakan juga transaksi pakai Ovo, Gopay, Dana, Sakuku, Jenius dan Linkaja. Minimal deposit dan withdraw dalah 50ribu, Nikmati bonus 100% yang tersedia di situs Linkaja88 setiap hari !

INFO Selengkapnya Kunjungi Whatsapp Dibawah ini :
» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting